Senin, 09 April 2012

Paedagogi, TIK, dan Fenomena Kontemporer

          Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki pengaruh besar pada dunia di mana orang-orang muda hidup. Demikian pula, e-learning, yaitu proses belajar yang didukung atau difasilitasi oleh TIK, memiliki potensi yang cukup besar untuk mendukung pendekatan pengajaran, dengan tidak melupakan dimensi paedagogi. Setidaknya penggunaan e-learning atau pembelajaran yang didukung dengan TIK bermanfaat dalam beberapa hal, antara lain sebagai berikut :
  1. Membantu pembuatan koneksi yang memungkinkan siswa untuk masuk dan menjelajahi lingkungan belajar  yang baru, mengatasi jarak dan waktu.
  2. Memfasilitasi pembelajaran bersama dengan memungkinkan siswa untuk bergabung atau menciptakan komunitas pelajar yang memperpanjang kegiatan belajar secara lebih baik dan efektif di luar kelas.
  3. Membantu dalam penciptaan lingkungan yang menunjang pembelajaran dengan menawarkan sumber daya yang memperhitungkan individu, budaya, atau perbedaaan perkembangan.
  4. Meningkatkan kesempatan untuk belajar bagi siswa dengan menawarkan pengalaman virtual dan alat-alat yang menghemat waktu mereka, sehingga memungkinkan mereka belajar lebih lanjut.
          Sekolah sebaiknya tidak hanya mengeksplorasi bagaimana TIK dapat menambah cara mengajar tradisional, tetapi juga bagaimana bisa membuka cara belajar baru dan berbeda. Namun demikian, sekali lagi penggunaan TIK yang mengbaikan dimensi paedagoginya merupakan praktik pendidikan yang menyimpang. Konsepsi ini mestinya diterima secara luas oleh guru, pembuat kebijakan bidang pendidikan, dan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA
Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar