Minggu, 25 Maret 2012

Paedagogi Praktis Abad ke - 21

      Dalam laporan yang dikeluarkan oleh Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dengan judul Memahami Otak : Menuju Ilmu Baru Belajar diungkapkan mengenai perlunya perumusan kebijakan dan praktik pendidikan diungkapkan mengenai perlunya perumusan kebjakan dan praktik pendidikan yang didukung oleh pengetahuan. Dalam hal ini juga terungkap secara eksplisit sejauh mana paedagogi sebagai ilmu pengetahuan akan mendukung kebijakan dan praktik pendidikan. 
         Atas dasar laporan ini ada 3 aspek saling terkait untuk memahami dan akhirnya menyelesaikan masalah ini, antar lain :
1. Codifyng and communicating teachers’ practical pedagogical knowledge => kodifikasi dan  mengkomunikasikan pengetahuan pedagogis praktis guru.
2. Establishing systems for shared scientific pedagogical knowledge management => membangun system pedagogis untuk berbagi pengetahuan managemen ilmiah dan menyediakan waktu yang cukup bagi guru untuk mengembangkan dan menerapkan pengetahuan ini.
3. Developing a robust theoretical framework for the new science of pedagogy => mengembangkan kerangka teori yang kuat terhadap ilmu baru pedagogi.

          Meskipun penelitian empiris dan studi kasus tentang mengajar dan belajar terus berkembang, wawasan teoritis penting untuk memahami kekayaan penelitian empiris dan data tidak selalu tersedia. Kecendrungan studi difokuskan secara sempit di bidang pendidikan telah meningkatkan status proyek-proyek penelitian individu masih menghambat pengembangan bangunan teori universal sehingga menimbulkan masalah mendasar bagi pengembangan teori baru pedagogi. 

        Pengembangan teoritis dan empiris bidang pedagogi memberikan kendali bebas, namun wacana dan kebijakan seringkali memaksakan. Di Indonesia, pencantuman kompetensi pedagogic, kepribadian, professional, dan social yang harus dimiliki oleh pendidik berikut indicator esensialnya telah memunculkan kesulitan pengembangan lebih lanjut sehingga seakan-akan semua orang yang berstatus “pendidik” harus memiliki kompetensi yang sama. Pada tahapan yang lebih luas, hal ini dapat memangkas geliat ilmiah dan membonsai esensi pedagogi dan penelitian di lapanagan yang relevan.

Daftar Pustaka:
Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta

1 komentar:

  1. JAMBUS | JAMBUS
    JAMBUS, Belgium. 구미 출장안마 JAMBUS. JAMBUS. JAMBUS. Casino. JAMBUS. Casino. JAMBUS. 하남 출장샵 JAMBUS. Casino. 거제 출장샵 JAMBUS. 광주광역 출장마사지 Casino. 전주 출장마사지 JAMBUS.

    BalasHapus