Pada mata kuliah paedagogi ini, bertemu kembali dengan Bu Dina, dosen yang memiliki banyak ide untuk membuat suasana belajar berbeda dengan mata kuliah yang lain. Pertemuan kedua hari ini, awalnya kami disuruh untuk menangkap bola kertas yang dilemparkan lalu dengan spontan menyebutkan alasan memilih mata kuliah ini. Pada awalnya, saya sendiri penasaran apa maksud dari ini semua. Setelah selesai bermain, Bu Dina menyuruh memberikan pendapat tentang permainan kita.
Menurut saya sendiri, Bu Dina ingin melihat spontanitas yang kita miliki seperti yang dimiliki oleh anak-anak. Lalu karena bola yang ditangkap oleh kita harus diberi jawaban yang sama menandakan kita harus bertanggung jawab (berkomitmen) serta konsistensi terhadap hal yang dihadapkan pada kita.
Setelah itu kami disuruh membuka portal dan melihat kontrak perkuliahan, lalu kita disuruh membuka web www.editgrid.com yang merupakan web baru bagi saya dalam pembelajaran. Saya sendiri melihat kami semua, selain konsep paedagoginya dapat, yaitu mengikuti instruksi yang diberikan dosen, ada unsur seni dalam hal mengajar yang juga menjadi focus dosen pada pertemuan ini. Namun tak lama kemudian ternyata ada kesalahan dosen tentang jaringan belajar ini, maka dari itu dilanjutkan untuk membuka usu e-learning lalu masuk ke fakultas psikologi => departemen pendidikan => paedagogi 2012. Setelah masuk kami disuruh untk encourse mata kuliah ini agar bisa chatting.
Fasilitas yang dipersiapkan kepada kami selain google talk yang sudah kami gunakan semester lalu. Sekarang kami menggunakan jasa usu e-learning untuk berkomunikasi. Bila dosen sendiri tidak berjiwa seni, perkuliahan yang akan dijalani selama 1 semester ini akan terasa biasa-biasa saja. Dengan menggunakan teknologi yang ada, gmail, g-talk, editgrid, blog, yang sudah digunakan oleh banyak orang dalam berkomunikasi dan belajar. Pembelajaran dengan menggunakan jejaring yang ada merupakan salah satu pengaplikasian psikologi pendidikan. Paedagogi yang saya dapatkan dalam pertemuan ke-2 ini, saya seperti kembali ke masa SD yang masih dibimbing untuk mengerjakan sesuatu.
Metode pembelajaran yang diterapkan dalam mata kuliah paedagogi ini merupakan sesuatu yang baru. Dan tidak ada salahnya mencoba menempuh mata kuliah ini sekaligus mendapatkan pengalaman dalam hal belajar. Konsep Micro teaching yang menjadi muridnya adalah mahasiswa yang berperan seperti anak-anak seperti yang diinginkan oleh teacher. Berhubung ini mata kuliah yang sebenarnya belajar tentang anak-anak, tetapi dibuat konsep yang demikian. Saya penasaran apa yang akan kita lalui dan alami selama perkuliahan pada semester kali ini. Sekian apa yang bisa saya sampaikan. Salam psikologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar