Senin, 19 Maret 2012

Testimoni Kuliah Online Paedagogi tanggal 19 Maret 2012

           Sebelum berangkat ke kampus, rencananya ingin post duluan tapi karena takut telat masuk kuliah psikologi klinis. Jadi pada sore hari setelah kuliah, baru bisa ngeposting sekedar untuk melatih daya ingat…haha..^^

           Pada pagi yangh cerah ini, sebenarnya saya sedikit ngantuk karena semalam beraktivitas seharian full. Untunglah kuliah diadakan secara online, jadi tidak terburu-buru dalam mepersiapkan diri unutk kuliah karena untuk sampai ke kampus dari rumah butuh sekitar 45 – 50 menit. Terima kasih Bu dina..^^

            Pertama ketika masuk ke grup MK Paedagogi 2011/2012, kami disuruh mengabsen. Lalu kami disuruh melihat web berikut http://www.e-dukasi.net/index.php dan bereksplorasi di dalam web tersebut. Tampilan web ini cukup menarik dengan warna yang disukai banyak orang pada umunya, sehingga saya sedikit mencari-cari apa yang bisa dicari. Eh, ternyata situs web ini berisi materi belajar dari kelas 1 SD, SMP, SMA hingga SMK. Dan tidak hanya sampai di situ, ada bank soal dan uji kompetensi diri yang dapat membantu siswa mengukur kemampuan masing-masing. 

            Lalu Bu dina, memberikan instruksi untuk mengaitkan paedagogi dengan apa yang kita pikirkan dengan situs web ini, setelah berpikir sejenak lalu saya menuangkan pendapatku yang berisi : 

“Situs ini, sangat terstruktur dalam penyajian materinya dari mulai materi pokoknya yang menyajikan bahan untuk kelas 1 hingga SMA kejuruan. Tidak hanya sampai di sana, ketika masuk sudah instruksi yang mudah dipahami (menurut saya, bahasanya mudah dimengerti buat anak – anak). Pengetahuan yang didapatkan tidak hanya melalui textbook tetapi banyak pengetahuan populer yang menjadi sorotan bidang ilmu pendidikan. Ditambah dengan adanya modul online dan bank soal yang membantu proses pembelajaran anak, ketika sudah mempelajari materi dapat latihan membuat soal – soal yang ada. Dengan adanya proses yang sedemikian rupa, maka anak-anak dapat belajar juga melalui akses internet rumah belajar online, selain materi yang sudah didapat di sekolah. Jadi, dengan semakin berkembangnya teknologi, pengetahuan yang dapat diperoleh tidak harus diperoleh dari textbook saja. Tetapi dengan banyaknya situs-situs seperti ini sangat menunjang murid-murid yang berkeingintahuan tinggi untuk bereksplorasi di dunia pendidikan. Dan web ini adalah salah satunya. Great one!...^^

Menurut saya, situs web ini berisi informasi yang sangat penting dan praktis serta bersifat edukatif. Dengan tersedianya web ini, siswa mampu bereksplorasi dengan bebas mengenai ilmu pengetahuan yang menjadi (curiosity – nya). Web ini berisikan materi serta bank soal yang membantu dalam memahamkan siswa. Secara tidak langsung web ini dibaut untuk memperkenalkan ‘e-learning’ kepada siswa agar mereka bisa berproses sebagai individu yang mandiri dan bertanggung jawab. Melihat kaitannya dengan prose paedagogis, maka peran guru tidak boleh terlupakan. Meskipun telah ada fasilitas yang mempermudah siswa dalam memahami pelajaran, guru di sisni menjadi pembimbing dan pendidik. Bagaimana guru bisa membantu dalam memahamkan siswanya dengan menggunakan fasilitas yang sudah begitu canggihnya? Jawabannya ada pada guru itu sendiri (seni yang dimilikinya dalam mendidik peserta didiknya). Jadi dengan demikian, seni yang dimiliki oleh guru, baik itu strategi pengajaran, teknik menstimulasi lingkungan sekitar yang adaagar siswa tergerak untuk mencoba mengutarakan pendapatnya, serta cara guru memahamkan siswanya akan menentukan apakah peserta didiknya bisa mandiri dan bertanggung jawab. Dengan memperhatikan hal-hal penting ini, maka situs web ini bisa menjadi salah satu fasilitas pembelajaran yang efektif dan efisien bagi peserta didiknya, cara guru menyajikan materi dan membantu dalam memahamkan materi dengan menarik, bimbingan dan didikan guru akan sangat membantu dalam mengoptimalkan prose belajar siswa ini. Dan web ini sudah dibuat sedemikian rupa dengan pertimbangan bahwa web ini tidak hanya digunakan oleh peserta didik, tetapi juga pendidik. Awal dan akhir akan sempurna bila dalam prosesnya guru dan siswa saling berinteraksi dengan optimal. Demikian yang dapat saya sampaikan. Terima kasih…^^”

Kesan belajar hari ini tidak begitu spektakuler, namun ada hal penting di balik semua ini. Mengapa demikian? Dosen pengampu hanya memberikan instruksi sedikit namun kita (mahasiswa) langsung 1 kelas memberikan pendapatnya masing – masing dimana biasanya ketika kuliah berlangsung di kelas semua pada malu-malu dalam menjawab. Ini juga merupakanssalah satu cara untuk memicu mahasiswa untuk mengekspresikan pemikirannya. Dan dosen pengampu hanya menjadi fasilitator dalam prose belajar pada pagi hari ini. Saya mulai mengerti pola pemikiran seorang guru yang kreatif karena menjadi seorang guru tidak hanya ilmu saja yang diperlukan, namun seni dalam mengajar dan mendidik peserta didiknya itulah yang sangat penting…^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar