Senin, 28 Februari 2011

Teacher-Centered dan Learner-Centered apa bedanya? & apa sih kelebihan e-learning?

Perencanaan Pelajaran Teacher-Centered (guru) ada 3:
- Menciptakan sasaran behavioral
- Menganalisis tugas
- Menyusun Taksonomi Instruksional yang terbagi 3 domain, domain kofnitif, domain Afektif dan domain psikomotorik.
Strategi Instruksional Teacher-Centered
- Mengorientasikan murid pada materi baru ( advance organizer)
Advance organizer => aktivitas dan teknik pengajaran dengan membuat kerangka pelajaran dan mengorientasiakan murid pada materi sebelum materi dijelaskan. Dalam arti, membantu murid melihat gambaran besar dari apa yang diajarkan dan bagaimana makna idari nformasi itu terkait.
- Mengajar, menjelaskan, dan diskusi;
- Penguasaan pembelajaran
- Tugas di kelas (Seatwork)
- Pekerjaan Rumah
Sedangkan Perencanaan Pelajaran Learner-Centered (murid) terdiri dari 4 faktor , yaitu:
1. Faktor Kognitif dan Metakognitif
- Sifat proses pembelajaran
Pelajar yang sukses = pelajar yang aktif, memiliki tujuan, dan mampu mengatur diri sendiri
- Tujuan proses pembelajaran
Pelajar yang sukses, dengan bantuan dan pedoman instruksional, dapat menciptakan representasi pengetahuan yang bermakna dan koheren
- Konstruksi pengetahuan
Pelajar yang sukses bisa menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan cara yang mengandung makna tertentu.
- Pemikiran Strategis
Pelajar yang sukses dapat menciptakan dan menggunakan berbagai strategi pemikiran dan penalaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Memikirkan tentang pemikiran(metakognisi)
Pelajar yang sukses, merenungkan cara belajar dan berpikir mereka, menentukan tujuan pembelajaran yang reasonable, memilih strategi yang tepat, dan memantau kemajuan mereka menuju tujuan pembelajaran.
- Konteks pembelajaran
Pembelajaran tidak terjadi di ruang hampa. Pembelajaran dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti kultur, teknologi, dan praktik instruksional.
2. Faktor motivasi dan Emosional
- Pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran
- Motivasi Intrinsik untuk belajar (dari dalam diri sendiri)
- Efek motivasi terhadap usaha
3. Faktor Sosial dan Developmental
- Pengaruh perkembangan pada pembelajaran
- Pengaruh sosial terhadap pembelajaran
4. Faktor Perbedaan Individual
- Perbedaan individual dalam pembelajaran
- Pembelajaran dan diversitas
- Standar dan penilaian
Strategi Instruksional Learner-Centered
1. Pembelajaran Berbasis Problem
Fokusnya adalah pada suatu problem yang harus dipecahkan murid melalui kerja kelompok kecil. Murid mengidentifikasikan problem atau isu yang ingin mereka kaji, kemudian mencarimateri dan sumber bahan lain yang mereka butuhkan untuk menangani isu atau problem tersebut.
2. Pertanyaan Essensial => pertanyaan merefleksikan inti dari kurikulum, hal paling penting yang harus dieksplorasi dan dipelajari oleh murid.
3. Pembelajaran Penemuan (discovery learning) => pembelajaran di mana murid menyusun pemahaman sendiri.
Kelebihan e-learning
1. Memberikan pengalaman yang menarik dan bermakna bagi peserta didik karena kemampuannya dapat berinteraksi langsung, sehingga pemahaman terhadap materi pembelajaran akan lebih bermakna (meaningful), mudah dipahami, mudah diingat dan mudah pula untuk diungkapkan kembali.
2. Dapat memperbaiki tingkat pemahaman dan daya ingat seseorang terhadap knowledge yang disampaikan, karena konten yang bervariasi, interaksi yang menarik perhatian, immediate feedback, dan adanya interaksi dengan e-learner dan e-instructor lain.
3. Adanya kerja sama dalam komunitas on-line, sehingga memudahkan berlangsungnya proses transfer informasi dan komunikasi sehingga setiap elemen tidak akan kekurangan sumber/bahan belajar.
4. Administrasi dan pengurusan yang terpusat sehingga memudahkan dilakukannya akses dalam operasionalnya.
5. Menghemat atau mengurangi biaya pendidikan
6. Pembelajaran dengan dukungan teknologi internet membuat pusat perhatian dalam pembelajaran tertuju pada peserta didik, sebagaimana ciri pokok dari e-learning.

Daftar Pusaka :
SANTROCK, JOHN.W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua, Jakarta : Kencana ,2010
Munir.,(2008).Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi.Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar