Sekarang ini kita berada di era komputer pribadi (PC) di mana satu orang punya satu komputer. Dan sebentar lagi akan lahir komputer generasi ke-3 yang berupa ubiquitous computing, yang menekankan pada distirbusi komputer ke lingkungan, ketimbang hanya ke personal/individu. Singkatnya, ubiquitous computing akan membentuk dunia pasca PC. Ubiquitous computing (ubicomp) adalah model pasca-desktop interaksi manusia-komputer yang memproses informasi telah sepenuhnya diintegrasikan ke dalam benda sehari-hari dan aktivitas. Dalam kegiatan biasa, seseorang "menggunakan" komputasi di mana-mana melibatkan banyak perangkat komputasi dan sistem secara bersamaan, dan belum tentu bahkan tidak sadar bahwa mereka menggunakanya. Perangkat teknologi umum seperti telepon dan alat elektronik lainya akan terkoneksi dengan internet. Perangkat komputer baru yang kecil, portable, mobile yang murah diperkirakan akan menggantikan komputer desktop.
Model ini biasanya dianggap sebagai kemajuan dari paradigma desktop. Lebih formal komputasi Ubiquitous didefinisikan sebagai "mesin yang sesuai dengan lingkungan manusia dan bukan memaksa manusia untuk eksis di dalamnya.
UBIQUITOUS COMPUTING
Ubiquitous adalah kebalikan dari realitas visual. Jika realitas visual menempatkan manusia di dalam dunia yang diciptakan komputer, maka ubiquitous computing akan memaksa komputer eksis di dunia manusia. Perangkat baru ini, dipasangkan dengan jaringan murah, dpat memampukan murid untuk membawa perangkat informasi personal ke lapangan untuk membantu mengerjakan suatu tugas dan bisa dibawa pulang. Dengan menggunakan perangkat baru ini, mereka bisa meningkatkan kolaborasi dan memudahkan penggunaan tanpa dibatasi lokasi.
Sumber referensi :
SANTROCK, JOHN W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua, Jakarta: Kencana, 2010
http://en.wikipedia.org/wiki/Ubiquitous_computing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar