1. Keahlian verbal => computer dapat membantu murid untuk merevisi dan menulis ulang komposisi; membantu mereka menghasilkan lebih banyak lagi paper yang baik.
2. Keahlian matematika / logika => murid bisa belajar secara efektif memalui program yang menarik yang memberikan umpan balik. Program semacam ini menantang murid untuk menggunakan keterampilan berpikir mereka untuk memecahkan soal matematika.
3. Keahlian spasial => computer membuat murid bisa melihat dan memanipulasi materi. Mereka bisa menciptakan banyak bentuk yang berbeda sebelum mereka membuat salinan akhir dari tugas. Teknologi realitas virtual dapat memberi murid kesempatan untuk melatih keterampilan spasial visual mereka.
4. Keahlian tubuh-kinestetik=> murid terutama memerlukan koordinasi tangan – mata untuk mengoerasikan computer – mengetik keyboard dan menggunakan mouse atau touchscreen. Aktivitas kinestetik ini membuat murid jadi partisipan aktif dalam proses belajar. Program seperti Lego Lego membuat murid bisa menciptakan banyak jenis mesin yang bisa mereka operasikan dengan computer.
5. Keahlian music => perkembangan intelegensi music dapat diperkuat dengan bantuan teknologi sebagaimana kefasihan verbal diperkuat melalui program pengolah kata. Musical Instrument Digital Interface (MIDI) memungkinkan oran guntuk membuat dan menata berbagai macam instrument music melalui computer.
6. Keahlian interpersonal dan keahlian intrapersonal => Teknologi memberi kesempatan untuk mengeksplorasi garis pemikiran secara mendalam dan member akses luas untuk banmyak minat personal. Murid bisa membuat pilihan dan mengontrol sendiri perkembangan intelektual dan proses belajarnya.
7. Keahlian naturalis => teknologi elektronik dapat memfasilitasi eksplorasi ilmiah dan aktivitas alam lainya. Teknologi telekomunikasi dapat membantu murid memahami dunia luar lingkungan mereka.
Daftar Pusaka :
SANTROCK, JOHN.W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua, Jakarta : Kencana ,2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar