Senin, 25 April 2011

Perbedaan antara psikologi pendidikan dengan psikologi sekolah

Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat .

Menurut Muhibin Syah (2002), psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Sedangkan menurut ensiklopedia amerika, Psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.

Sedangkan menurut Witherington, Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

Tardif (dalam Syah, 1997: 13) juga mengatakan bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

Dari beberapa pendapat tentang psikologi pendidikan, kami mengambil kesimpulan bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia di dalam dunia pendidikan yang meliputi studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia yang tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.

Lingkungan Kerja
psikolog pendidikan Kebanyakan menghabiskan sebagian besar waktu mereka bekerja di sekolah-sekolah dan pengaturan pendidikan lainnya. Mereka juga menghabiskan waktu di kantor dewan. Jam normal kerja 37 per minggu, tetapi kadang-kadang mungkin perlu untuk bekerja malam hari dan akhir pekan.

Kegiatan Harian
Pendidikan psikolog bekerja di pembibitan, sekolah, perguruan tinggi dan satuan pendidikan khusus dengan anak-anak dan keluarga mereka, guru, pejabat lainnya otoritas lokal dan lembaga lainnya. Tujuan mereka adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar anak-anak dan memungkinkan guru untuk memahami masalah-masalah psikologis anak-anak dan memenuhi kebutuhan dukungan tambahan mungkin mereka miliki.

Psikolog pendidikan menghadapi berbagai isu dalam pekerjaan mereka. Beberapa anak memiliki kesulitan belajar dalam membaca dan menulis, yang lain memiliki masalah sosial dan / atau emosional, yang menyebabkan mereka menjadi mengganggu di kelas. Lain telah kesulitan belajar khusus seperti disleksia. Kadang-kadang psikolog pendidikan mungkin bertemu anak-anak yang sangat berbakat yang memiliki masalah berhubungan dengan orang tua atau guru harapan mereka.
Seorang psikolog pendidikan akan melihat kebutuhan orang muda baik di sekolah dan di rumah. penilaian psikologi pendidikan dapat melibatkan bekerja secara langsung dengan anak-anak dan / atau tidak langsung dengan guru dan orang tua.

Directed work meliputi:
* Mengamati perilaku anak di sekolah - baik di kelas dan di taman bermain;
* Berbicara langsung kepada anak;
* Pengujian seorang anak untuk memeriksa kemampuan dan pengembangan intelektual.

Indirected work meliputi:
* Membahas anak, mereka guru orang tua dan orang lain yang mengenal mereka dengan baik;
* Meninjau karya anak telah dilakukan di sekolah;
* Konsultasi dengan para profesional lain seperti pekerja sosial dan profesional medis.

Setelah penilaian selesai, rekomendasi yang dibuat untuk ditindaklanjuti seperti:
* Konseling atau terapi keluarga sesi;
* Perencanaan program pembelajaran dengan guru; guru pelatihan dalam teknik untuk menangani masalah perilaku.
Psikolog pendidikan juga memainkan peran penting dalam pengembangan suatu dewan lokal kebijakan pendidikan dan terlibat dalam kebijakan, pengembangan meninjau dan menggelar. Mereka juga sering terlibat dengan multi-lembaga kelompok kerja untuk mengembangkan kebijakan dan melaksanakan penelitian strategis dan kegiatan perencanaan pada kedua tingkat lokal dan nasional.
Keterampilan & Interests
Psikolog Pendidikan membutuhkan:
* Baik komunikasi dan kemampuan interpersonal dalam rangka membangun hubungan dengan anak-anak, orang tua dan guru;
* Komitmen untuk membantu orang muda mengatasi kesulitan belajar dan perilaku;
baik keterampilan pemecahan masalah;
* Sensitivitas, kebijaksanaan dan kesabaran;
* Keterampilan menulis laporan yang baik dan organisasi;
* Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan tantangan situasi kerja;
* Baik penelitian dan pengembangan keterampilan.

Psikologi sekolah
Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi.Yang bertujuan untuk membentuk mind set anak
Psikolog Sekolah membantu anak-anak dan remaja berhasil secara akademis, sosial, perilaku, dan emosional. Mereka berkolaborasi dengan pendidik, orang tua, dan profesional lainnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, sehat, dan mendukung yang memperkuat hubungan antara rumah, sekolah, dan masyarakat untuk semua siswa.

Sekolah psikolog sangat terlatih baik dalam psikologi dan pendidikan, menyelesaikan minimal program sarjana tingkat spesialis (jam pascasarjana minimal 60 semester) yang meliputi diawasi magang selama setahun. Pelatihan ini menekankan persiapan dalam kesehatan mental dan intervensi pendidikan, perkembangan anak, pembelajaran, perilaku, motivasi, kurikulum dan pengajaran, penilaian, konsultasi, kolaborasi, hukum sekolah, dan sistem. Psikolog sekolah harus disertifikasi dan / atau lisensi oleh negara di mana mereka bekerja. Mereka mungkin juga nasional disertifikasi oleh Psikologi Sekolah Nasional Badan Sertifikasi (NSPCB). Asosiasi Psikolog Sekolah Nasional menetapkan standar etika dan pelatihan untuk praktek dan pelayanan.

Apa yang lakukan seorang Psikolog Sekolah ?
Psikolog Sekolah Bekerja Dengan Siswa ke:

* Menyediakan konseling, pengajaran, dan pendampingan bagi mereka yang berjuang dengan sosial, emosional, dan masalah perilaku
* Meningkatkan prestasi dengan menilai hambatan belajar dan menentukan strategi instruksional yang terbaik untuk meningkatkan pembelajaran
* Mempromosikan kesehatan dan ketahanan dengan memperkuat komunikasi dan keterampilan sosial, pemecahan masalah, manajemen kemarahan, self-regulasi, penentuan nasib sendiri, dan optimisme
* Meningkatkan pemahaman dan penerimaan beragam budaya dan latar belakang
Psikolog Sekolah Bekerja Dengan Siswa dan Keluarganya untuk:
* Mengidentifikasi dan alamat belajar dan masalah perilaku yang mengganggu dengan keberhasilan sekolah
* Evaluasi kelayakan untuk layanan pendidikan khusus (dalam sebuah tim multidisiplin)
* Mendukung kesehatan siswa sosial, emosional, dan perilaku
* Ajarkan mengasuh dan meningkatkan kolaborasi rumah-sekolah
* Membuat arahan dan membantu mengkoordinasikan dukungan layanan komunitas

Psikolog Sekolah Bekerja Dengan Guru untuk:

* Mengidentifikasi dan mengatasi hambatan akademis untuk belajar
* Desain dan implementasi sistem pemantauan kemajuan siswa
* Desain dan menerapkan intervensi akademis dan perilaku
* Instruksi Dukungan individual efektif
* Menciptakan lingkungan kelas yang positif
* Memotivasi semua siswa untuk terlibat dalam pembelajaran

Psikolog Sekolah Bekerja Dengan Administrators untuk:

* Mengumpulkan dan menganalisis data yang terkait dengan perbaikan sekolah, hasil siswa, dan persyaratan akuntabilitas
* Melaksanakan program-program pencegahan sekolah-lebar yang membantu mempertahankan sekolah positif iklim kondusif untuk belajar
* Kebijakan sekolah Mempromosikan dan praktek yang menjamin keselamatan semua siswa dengan mengurangi kekerasan di sekolah, bullying, dan pelecehan
* Menanggapi krisis dengan menyediakan kepemimpinan, pelayanan langsung, dan koordinasi dengan pelayanan masyarakat yang dibutuhkan
* Desain, menerapkan, dan mengumpulkan dukungan untuk program sekolah kesehatan jiwa yang menyeluruh

Psikolog Sekolah Bekerja Dengan Penyedia Masyarakat untuk:

* Mengkoordinasikan penyerahan jasa kepada siswa dan keluarga mereka di dalam dan di luar sekolah
* Bantuan siswa transisi ke dan dari lingkungan sekolah dan komunitas pembelajaran, misalnya pengobatan perumahan atau program peradilan anak

Dimana Psikolog Sekolah Kerja
Sebagian besar psikolog sekolah bekerja di sekolah. Namun, mereka bisa berlatih dalam berbagai setting termasuk:

* Umum dan sekolah swasta
* Universitas
* Kesehatan berbasis sekolah dan pusat kesehatan mental
* Berbasis masyarakat sehari-pengobatan atau klinik perumahan dan rumah sakit
* Pusat keadilan Juvenile
* Swasta praktek

Bagaimana Sekolah Psikolog membuat perbedaan di sekolah?
Semua anak-anak dan remaja menghadapi masalah dari waktu ke waktu. Mereka mungkin:
* Merasa Takut untuk pergi ke sekolah
* Memiliki kesulitan mengatur waktu mereka secara efisien
* Kurangnya kemampuan belajar efektif
* Jatuh tertinggal dalam pekerjaan sekolah mereka
* Kurangnya disiplin diri
* Khawatir tentang masalah keluarga seperti perceraian dan kematian
* Merasa cemas atau tertekan
* Percobaan dengan obat-obatan dan alkohol
* Pikirkan tentang bunuh diri
* Khawatir tentang seksualitas mereka
* Wajah situasi sulit, seperti yang berlaku untuk perguruan tinggi, mendapatkan pekerjaan, atau berhenti sekolah
* Pertanyaan bakat dan kemampuan mereka

DAFTAR PUSAKA
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-pendidikan/
http://ilmu-psikologi.blogspot.com/2009/05/pengertian-psikologi-pendidikan.html
http://www.scribd.com/doc/51709600/172/Psikologi-sekolah
http://ww2.prospects.ac.uk/p/types_of_job/educational_psychologist_job_description.jsp
http://www.nasponline.org/about_sp/whatis.aspx
http://www.lgcareers.com/careers-az/educational-psychologist/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar