KELOMPOK 7
Pertanyaan dan Jawaban Presentasi
REZA YOGA
Pertanyaan 1
Manfaat bagi kelompok adalah mendapatkan praktek lapangan sedangkan
ada anggota yang tidak ikut dalam praktek micro teaching, bagaimana
kelompok menanggapi hal tersebut?
Jawab:
Manfaat bagi kelompok seperti yang dipaparkan sebelumnya bukan sekedar
manfaat saat melakukan praktek micro teaching secara langsung, melainkan
dalam pelaksanaan perencanaan, observasi, melakukan micro teaching, dan
juga pembuatan laporan. Selain itu, anggota kelompok yang datang juga
ada berbagi pengalaman (sharing) dengan anggota-anggota kelompok lainnya
yang berhalangan hadir. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa ini
memang benar manfaat bagi semua anggota kelompok, meskipun ada anggota
yang berhalangan untuk hadir.
Pertanyaan2
Apakah tidak masalah dalam pelaksanaan microteaching jumlah anak adalah 3 orang sedangkan jumlah pengajar banyak?
Jawab:
Sebenarnya video yang ditampilkan hanyalah video pertemuan kedua. Kami
melakukan pertemuan pertama dan pertemuan kedua dimana di pertemuan
pertama setiap satu peserta didik dibimbing oleh satu pendidik. Memang
di pertemuan kedua kami melakukan seperti yang didokumentasikan, tetapi
hal tersebut menurut kelompok tidak terlalu ada masalah karena kami
dapat mencairkan suasana yang awalnya cukup kaku menjadi “Fun” bagi
peserta didiknya. Selain itu, peserta didik yang semakin aktif di
pertemuan kedua ini membuat kami sangat senang dan enjoy dalam
mengajarkan micro teaching.
RAJA MASPIN
Pertanyaan 1
Apakah manfaat pelaksanaan micro teaching bisa langsung bermanfaat bagi peserta didik?
Jawab:
Mungkin kalau manfaat langsung kami kurang tahu, tetapi kami berusaha membantu peserta didik untuk lebih mengetahui, lebih mengenal, dan lebih mengerti bahasa Inggris atau istilahnya “menanam benih terlebih dahulu”.
Mungkin kalau manfaat langsung kami kurang tahu, tetapi kami berusaha membantu peserta didik untuk lebih mengetahui, lebih mengenal, dan lebih mengerti bahasa Inggris atau istilahnya “menanam benih terlebih dahulu”.
OLGA SEPTANIA
Pertanyaan 1
Bagaimana dengan ongkos seperti yang tertulis dalam slide presentasi?
Jawab:
Mengenai ongkos termasuk dalam perencanaan kami, tetapi kenyataannya
kami tidak menggunakan ongkos sebanyak yang tertera dalam slide
presentasi.
KAK KARTIKA
Pertanyaan 1
Apa standar kompetensi yang digunakan kelompok dalam pelaksanaan micro teaching?
Jawab:
Agar mereka mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dengan baik
dan dapat mengucapkan organ-organ tubuh bagian luar dengan bahasa
inggris, terutama organ-organ di bagian kepala.
LIA
Pertanyaan 1
Apa tidak berbeda dimana terdapat 3 orang anak dan mereka duduk di kelas yang berbeda-beda?
Jawab:
Dengan rentang usia mereka yang berbeda-beda, kami berusaha memberikan
materi belajar yang memang sesuai dengan kemampuan mereka. Teori yang
menjadi pegangan kami mungkin bisa menjadi guideline, namun dengan
pengalaman yang sudah pernah dialami oleh beberapa anggota kelompok,
kami memutuskan untuk memberikan materi berupa conversation singkat
(perkenalan diri secara singkat) dan vocabulary yang cukup mudah. Tidak
lupa kelompok mengingat usia mereka yang belum bisa berpikir secara
abstrak, maka dalam proses belajar mengajar mentransformasikan hal
abstrak ke hal yang konkrit. Dengan kata lain, materi yang kami berikan
kepada ke-3 peserta didik kami sama dan bisa dipahami oleh mereka semua,
tetapi kami memberikan materi tersebut dengan improvisasi-improvisasi
dalam prosesnya sehingga tidak menimbulkan kebosanan bagi ke-3 peserta
didik tersebut, terutama yang sudah duduk di kelas V SD.
RIZQA
Pertanyaan 1
Mengapa dalam pelaksanaan micro teaching tidak menggunakan anak didik
Weilun, Steven, dan Venti di tempat kursus bila dalam kenyataannya
jumlah anak yang tersedia untuk pelaksanaan micro teaching kurang
banyak?
Jawab:
Sebenarnya memang bisa saja namun kami memiliki kendala yang cukup
banyak diantaranya kesulitan meminta izin pada anak-anak di tempat les
sedangkan saat itu mereka sedang menghadapi ujian semester, makanya
tidak dapat menggunakan anak-anak didik Weilun dan Steven. Kendala
berikutnya adalah lokasi les yang cukup jauh dari kampus ataupun dari
rumah masing-masing anggota. Kendala-kendala inilah yang membuat kami
untuk mempertimbangkan menggunakan anak didik Weilun, Steven, dan Venti
dalam praktek micro teaching.
IBU DINA
Pertanyaan 1
Bagaimana dengan anggota yang tidak terlibat langsung dalam pelaksanaan micro teaching?
Jawab:
Untuk anggota yang tidak terlibat langsung dalam pelaksanaan micro
teaching ada beberapa cara yang kami lakukan yaitu kami yang terlibat
langsung dalam praktek micro teaching membagikan kepada mereka apa yang
telah kami dapatkan selama praktek micro teaching. Tujuannya adalah
supaya mereka bisa ikut merasakan hal tersebut. Kami juga memberikan
tugas tambahan bagi anggota yang tidak hadir misalnya mengedit, membuat
laporan, atau lainnya. Tujuan kami melakukan hal ini supaya semua
anggota ikut berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan tugas ini dan
tiap anggota mendapatkan bagian yang sama serta adil.
Pertanyaan 2
Dalam video terlihat ketiga orang guru mengajar sambil berdiri pada tiga orang anak didik yang duduk di sofa. Bagaimana perilaku anak didik dan pendidik bila diobservasi?
Jawab:
Sebenarnya yang terlihat dalam video adalah pertemuan ke dua kelompok
dengan perserta didik. Pertemuan pertama kelompok dengan peserta didik
adalah untuk membentuk rapport dan mencari tahu kesulitan mereka dalam
mata pelajaran yang ada dalam kurikulum. Di pertemuan pertama posisi
antara peserta didik dan pendidik saling duduk berhadap-hadapan. Satu
orang peserta didik dibimbing oleh satu pendidik. Kami berpendapat bahwa
memang di pertemuan kedua seperti yang terlihat dalam video bahwa
antara pendidik dan peserta didik memang terlihat agak kaku, formal dan
posisi pengajar terlalu jauh dengan peserta didik padahal micro teaching
tersebut tidak dilakukan di institusi formal, melainkan rumah. Akan
tetapi, dalam prosesnya kelompok cukup bisa mencairkan suasana kaku
tersebut sehingga di tengah sampai akhir pelaksanaan micro teaching,
peserta didik menjadi sangat aktif.
Pertanyaan 3
Apa sebenarnya pengertian micro teaching bagi kelompok sendiri?
Jawab:
Pengertian micro teaching sebenarnya masih dangkal bagi kelompok.
Pengertian micro teaching bagi kelompok pada awalnya hanya sebatas guru
mengajar peserta didik dalam posisi dimana guru berdiri dan peserta
didik duduk diam. Akan tetapi, setelah mendengarkan penjelasan dari Bu
Dina, kelompok semakin mengerti apa yang menjadi esensi dari micro
teaching tersebut dan kelompok menyadari kekurangan kelompok dalam hal
seni mengajar yang harusnya merupakan esensi dari tugas micro teaching
kali ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar